5 Hewan Peliharaan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Hai sahabat, siapa nih dari kamu pencinta hewan? Keradaan hewan peliharaan di sekitar kita tentu akan memberikan efek psikologis yang positif. Hewan-hewan lucu ini dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik.

Namun, tingkahnya yang menggemaskan membuat kita juga harus mewaspadainya, terutama buat kamu yang sedang mengandung. Hewan-hewan yang kamu pelihara bisa saja mengancam kesehatanmu atau calon sibuah hati.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa saja hewan peliharan yang berbahaya untuk ibu hamil. Berikut ulasannya!

1. Kucing

Hewan peliharaan yang pertama adalah kucing. Memelihara kucing memang berguna untuk mengatasi stres dan mengubah kondisi mood seseorang. Apalagi jika kucing sudah dipelihara sejak lama, pasti akan sulit untuk melepasnya. Namun, ketika kamu atau orang rumah sedang ada yang hamil, sebaiknya jauhkan kucing dari mereka.

Pasalnya, kotoran kucing dapat mengakibatkan penularan toksoplasma. Toksoplasma ini nantinya bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin.

Jadi, bagi ibu hamil yang memiliki peliharaan kucing, sebaiknya hindari peliharaan kamu sementara dan minta bantuan orang lain untuk membersihkan kandang dan memastikan kandang kucing tetap bersih.

2. Unggas

Hewan peliharaan selanjutnya adalah unggas. Unggas seperti ayam, bebek, atau burung perlu dijauhkan dari ibu hamil sangat berbaya untuk janin. Apalagi jika ternyata ada unggas di rumah yang terinfeksi flu burung. Tentu ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk itu, kamu harus memberikan vaksin flu burung pada unggas peliharaan Anda di rumah. Pastikan juga untuk tidak membiarkan unggas berkeliaran bebas di sekitaran rumah.

3. Hamster

Mungkin sudah tak asing ya bagi kamu dengan hewan peliharaan yang satu ini. Memelihara hamster di rumah sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil, asalkan kamu dapat merawat kebersihannya.

Pastikan bahwa hamster yang kamu pelihara tidak erinfeksi virus LCMV (Lymphocytic Choriomenigitis Virus), sebuah virus yang terdapat pada hewan pengerat. Hamster yang terkena virus ini biasanya akibat tertular dari tikus liar yang ada di rumah.

Maka dari itu, kamu harus hati-hati saat musim hujan karena tikus biasanya akan mulai bermunculan di sekitaran rumah.

4. Anjing

Seperti yang kita tahu, anjing dianggap sebagai hewan yang sangat dekat dengan manusia. Hewan peliharaan ini dikenal setia dan dapat berguna menurunkan tingkat stresmu. Sayangnya, jenis hewan peliharaan ini tidak bersahabat bagi ibu hamil.

Pasalnya, anjing berpeluang memiliki bakteri atau kutu di bulu-bulunya, yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

5. Kura-kura

Hewan peliharaan terakhir adalh kura-kura. Meski kecil dan imut, namun kura-kura bisa menjadi sumber penularan bakteri salmonella. Bakteri ini memang dikenal dapat menular dari hewan-hewan reptil.

Bakteri salmonella yang terdapat pada kura-kura dapat menurunkan kekebalan tubuh ibu hamil secara drastis. Ketika kekebalan tubuh melemah, janin dalam kandungan pun juga ikut melemah, dan tubuh juga menjadi rentan terhadap serangan penyakit.

Itulah beberapa hewan peliharaan yang berbahaya bagi ibu hamil. Kamu juga bisa mengenak hewan lainnya di sini faunatis.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster untuk Pemula

7 Fakta Menarik Tentang Leopard Gecko yang Menggemaskan

Hewan Peliharaan dengan Biaya Perawatan Paling Murah