Hewan Peliharaan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Tak bisa dipungkiri bahasan mengenai kesehatan mental menjadi marak dibicarakan belakangan ini. Karena setiap orang perlu menjaga kesehatan mental, di samping kesehatan fisiknya. Rekomendasi hewan yang cocok dipelihara untuk kesehatan mental. Berikut ini daftarnya :

Anjing

Anjing adalah hewan yang dapat dipelihara untuk menjaga kesehatan mental. Anjing baik untuk membantu orang yang mengalami depresi. Anjing mengerti manusia dengan baik, anjing berempati , dan memaksa pemiliknya untuk pergi keluar. Anjing dapat mengatasi depresi, anjing juga dapat mengurangi stres, kecemasan, mengatasi rasa kesepian, mendorong keinginan berolahraga, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca : Resep Olahan Ubi Ungu

Misalnya, orang dengan anjing memiliki tekanan darah yang lebih rendah lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung. Sebab, hanya dengan bermain bersama anjing mampu meningkatkan oksitosin (hormon cinta( dan dopamin, menciptakan perasaan, dan ikatan positif antara pemilik dengan hewan peliharaannya.

Kucing 

Selain anjing, kucing menjadi hewan yang banyak dipelihara orang sebagai teman di dalam rumah. Kucing terbukti dapat meredakan perasaan stres pada anak autis.

Kuda

Kuda tidak hanya cocok untuk digunakan sebagai hewan untuk olahraga, namun juga mampu mengatasi trauma. Dengan berinteraksi bersama kuda, orang yang mengalami trauma akan dibantu untuk mengeksplorasi perasaannya. Di sisi lain, terapi trauma menggunakan kuda dapat membantu orang dalam mengatasi masalah berkomunikasi. Kuda memungkinkan dapat membangun kepercayaan dan mengatasi ketakutan dengan mendorong ikatan dan rasa aman.

Baca : Pengertian Suhuf dalam Islam

Ikan 

Ikan dipercaya dapat mengatasi kecemasan. Sebabnya adalah ketika melihat ikan berenag di air dapat menenangkan gelombang otak, sekaligus menurunkan tekanan darah.

Ular

Hewan yang satu ini banyak dijauhi oleh orang - orang. Namun siapa sangka, jika ular bermanfaat untuk mengatasi bipolar. Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati ekstrim dan emosi tinggi. Perubahan suasana hati ini tidak baik untuk kesehatan karena dapat memengaruhi tidur, energi, aktivitas, perilaku, dan kemampuan untuk berpikir jernih.

Baca : Bacaan Doa Bangun Tidur

Kadal 

Kadal dipercaya dapat mengatasi attention deficit hyperactivity (ADHD). ADHD adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi perilaku orang dan dapat membuatnya gelisah dan kesulitan berkonsentrasi.

Burung 

Burung tidak hanya sebagai koleksi karena keindahan warna bulu atau keindahan kicauannya saja. Sebab, hewan yang satu ini ternyata baik untuk mengatasi gangguan OCD ( obsesif kompulsif). OCD mengakibatkan pola pikiran dan ketakutan yang tidak dinginkan dan membuat orang melakukan perilaku berulang (kompulsi).

OCD tidak booeh dibiarkan karena dapat menganggu kegiatan sehari - hari dan menyebabkan penderitaan yang signifikan.

Demikianlah beberapa hewan peliharaan yang baik untuk kesehatan mental. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster untuk Pemula

7 Fakta Menarik Tentang Leopard Gecko yang Menggemaskan

Hewan Peliharaan dengan Biaya Perawatan Paling Murah