10 Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah yang Sangat Menggemaskan


Keistimewaan hewan reptil sebagai hewan peliharaan tidak dapat disangkal. Mereka memiliki sifat yang tenang dan cocok bagi pemilik yang senang mengamati perilaku mereka secara teliti. Berbeda dengan kucing atau anjing yang memerlukan perhatian intensif, reptil peliharaan hanya membutuhkan kasih sayang yang sporadis.

Walaupun banyak orang merasa terintimidasi dengan penampilannya yang terlihat agak menakutkan, sebenarnya hewan reptil yang dipelihara sangatlah jinak. Penasaran  apa saja jenis reptil yang bisa dijadikan hewan peliharaan? Yuk simak ulasan secara lengkap di bawah ini.

1. Bearded Dragon

Bearded dragon adalah hewan peliharaan yang mudah dirawat dan sangat responsif terhadap interaksi jika terjalin ikatan emosional. Sebagai hewan omnivora, mereka menyukai makanan berupa serangga dan sayuran. Selain itu, siklus tidur bearded dragon mirip dengan manusia, sehingga mereka menjadi teman yang cocok bagi mereka yang bekerja di rumah.

2. Monitor Lizard

Kadal ini memiliki pola kulit yang menakjubkan dan memukau. Keuntungan lainnya adalah kamu tidak perlu khawatir memberi makan setiap hari, karena hewan ini hanya perlu diberi makan tikus dua kali seminggu.

3. Water Dragon

Hewan reptil ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan iguana dan tidak terlalu agresif. Meskipun begitu, keduanya memiliki penampilan yang hampir mirip. Keistimewaan habitatnya yang tidak memerlukan banyak perawatan membuat banyak orang jatuh cinta pada hewan ini.

3. Monitor Lizard

Kadal ini menampilkan corak kulit yang menakjubkan. Kelebihan lainnya adalah kamu tidak perlu repot memberi makan setiap hari, karena hewan ini hanya perlu diberi makan tikus dua kali dalam seminggu.

4. Ular Jagung

Ular peliharaan ini menjadi incaran para pecinta reptil karena memiliki pola yang unik. Dengan sifat yang tenang, kamu tak perlu khawatir saat memberinya makanan kesukaannya, yakni tikus sawah. Namun, perlu diingat bahwa ular ini hanya cocok dipelihara oleh orang-orang yang memiliki komitmen tinggi, karena umur hidupnya dapat mencapai 23 tahun.

5. Kura-Kura Rusia

Dengan usia hidup yang mencapai 50 tahun, memelihara kura-kura membutuhkan komitmen yang tinggi. Namun, hewan ini memiliki kemampuan interaksi yang baik, sehingga menjalani 50 tahun bersamanya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

6. Leopard Gecko

Hewan reptil yang mudah dirawat ini memiliki tekstur dan pola yang unik. Dengan masa hidup yang mencapai 30 tahun, hewan ini akan menjadi sahabat setia sepanjang hidupmu. Selain itu, mereka menyukai jangkrik dan laba-laba sebagai makanan favorit mereka.

7. Anole

Anole memiliki daya tarik yang terletak pada kantung warna di lehernya. Dengan usia hidup hingga 5 tahun, mereka senang beristirahat di habitat tropis sambil menikmati makanan favorit mereka, yaitu cacing dan jangkrik.

8. Bunglon

Merawat hewan ini dapat menjadi tantangan karena mudah mengalami stres dan tidak menggemari kontak langsung dengan manusia. Sebab, kemampuan bunglon untuk mengubah warna sebagai mekanisme pertahanan adalah salah satu daya tarik yang membuat banyak orang terpesona dan jatuh cinta pada mereka.

9. Blue Tongue Skink

Walaupun terlihat menyeramkan pada pandangan pertama, hewan ini sebenarnya memiliki sifat yang mudah bergaul dan ramah terhadap sentuhan manusia. Keunikan dari hewan ini terletak pada lidahnya yang berwarna biru, sesuai dengan namanya yang unik.

10. Piton Bola

Meskipun termasuk dalam jenis piton, ular ini sebenarnya tidak menakutkan seperti namanya. Ketika merasa terancam atau stres, ular ini akan melingkarkan tubuhnya menjadi bola, sesuai dengan nama yang dimilikinya. Dengan menyediakan lingkungan yang hangat, bersih, dan memberikan tikus sebagai pakan seminggu sekali, kamu dapat merawat hewan ini dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai hewan reptil yang dapat dipelijara di rumah. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Cara Merawat Hamster untuk Pemula

7 Fakta Menarik Tentang Leopard Gecko yang Menggemaskan

Hewan Peliharaan dengan Biaya Perawatan Paling Murah